Facebook

header ads

Patung Reog MRMP Ponorogo Terdiri Dari 30 Layer Material Beton dan Kuningan

GemaSuara, Ponorogo - Patung Reog di Monumen Reog dan Museum Peradaban (MRMP) Sampung, Ponorogo terdiri dari 30 layer material beton dan kuningan.

Wujud patung reog raksasa di puncak segera terlihat. Pembangunan tahap pertama MRMP sekarang sudah memasuki tahap pemasangan kerangka dan panel patung, Selasa (03/09/2024).

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadisbudpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi menjelaskan bagian patung tersebut. Patung Reog Ponorogo setinggi 60 meter itu terdiri dari 30 layer panel yang masing-masing potongan setinggi 2 meter.

"Setiap panel yang tingginya sekitar dua meter juga terbagi dua bagian. Progres pekerjaan sekarang ini sudah mulai memasang rangka patung. Pemasangan rangka baja dan panel dilakukan secara paralel," terangnya, Senin (02/09/2024).

Pemasangan panel akan mengikuti pola patung yang telah dibuat. Selain pada layer pertama, panel-panel lebih dulu dicat sebelum dipasang. Material Patung Reog di MRMP terbuat dari bahan beton glass reinforced concrete (GRC). Untuk bagian kepala harimau dan kepala merak yang terbuat dari logam jenis kuningan.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko telah menyetujui pilihan warna untuk patung reog tersebut. Kang Bupati telah minta masukan dari sejumlah pihak.

"Saya telah meminta masukan, termasuk pendapat dari para seniman untuk menentukan warna yang pas untuk patung reog di MRMP," ungkap Kang Bupati. (Advertorial/Red)

Posting Komentar

0 Komentar